PENGARUH EFFKACY KEMAMPUAN DIRI, KOMPETENSI KERJA DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KESEMPATAN KERJA DENGAN PLACEMENT TES SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

Pujiyono Pujiyono, Maria Magdalena Minarsih, Andi Tri Haryono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis serta mendiskripsikan pengaruh Kemampuan diri , kompetensi dan motivasi kerja terhadap kesiapan kerja siswa SMK yang menggunakan test penempatan sebagai variable intervening. Penelitian ini dilakukan untuk mengukur seberapa jauh kesempatan kerja yang bisa diserap siswa siswi alumni SMK 5 semarang.
Teknik pengambilan samping adalah accidental sampling dan populasi nya adalah luruh siswa SMK 5 kelas XII yang akan menyelesaikan masa sekolahnya. Jumlah semua sampel yang digunakan adalah 300 siswa terbagi dalam berbagai jurusan. Alat analisis statistik yang digunaan adalah Regresi sederhana dan penggunan uji F dan Uji T serta R determinan.
Hasil penelitian diperoleh kesimpulan statitika sebaga berikut Variabel Kemampuan Diri (X1) , Kompetensi kerja (X2) dan Motivasi Kerja (X3) 2.569 , 3.807 , 2.515 > t tabel 1.661. Diperoleh kesimpulan bahwa hasil penelitian mengarahkan kepada kenyataan bahwa anak anak SMK sudah mempunyai kemampuan lebih dan mampu menempatkan diri sebagai calon pekerja terampil.
Kata kunci : Kemampuan diri , Kompetensi kerja, Motivasi kerja , Pekerja terampil.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.