STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA CV. STEBA ADVERTISING SEMARANG DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN

Wayan Wijaya, Yulianeu Yulianeu, Tsalis Syaifuddin, Heru Sri Wulan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gambaran umum usaha, mengetahui faktor-faktor yang
mempengaruhi dalam mengembangkan usaha, mengetahui alternative strategi pengembangan usaha yang efektif
dalam meningkatkan pendapatan pada CV. Steba Advertising Semarang. Menurut Jogiyanto, SWOT digunakan
untuk menilai kekuatan-kekuatan dan kelemahan-kelemahan dari sumber-sumber daya yang dimiliki perusahaan
dan kesempatan-kesempatan eksternal dan tantangan-tantangan yang dihadapi.
Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif dimana pengumpulan data dilakukan dengan teknik
kuesioner, observasi, wawancara dan studi pustaka. Analisis yang digunakan adalah analisis SWOT untuk
merumuskan suatu strategi dengan dasar pada logika yang dapat memaksimalkan kekuatan dan peluang namun
secara bersamaan meminimalkan kelemahan dan ancaman.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan hasil SWOT strategi untuk mengembangkan usaha
CV. Steba Advertising Semarang adalah menambah modal, mempertahankan dan meningkatkan kualitas produk,
meningkatkan konsumen potensial, memanfaatkan fasilitas pemerintah, serta menciptakan inovasi produk.
Kata Kunci : Strategi, Pengembangan Usaha, Pendapatan


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.