STUDI KUALITATIF PERILAKU PENGGUNA JASA PPOB KORSIS E- PAYMENT

Sri Wahyuni, Dheasey Amboningtyas

Abstract


Dalam penelitian ini penulis membahas tentang: 1)Bagaimana karakteristik produk yang diinginkan
pelanggan? 2)Bagaimana kepentingan relatife (urutan prioritas) dari setiap karakteristik? 3)Apa Saja faktor yang
mempengaruhi perilaku konsumen dalam bertransaksi Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendapatkan
informasi tentang implementasi perilaku konsumen dalam melakukan transaksi PPOB di PT.KORSIS? Teknik
pengambilan informan yang digunakan adalah purposive sampling, dengan kriteria: 1) Informan pernah melakukan
pembayaran PPOB di PT.KORSIS lebih dari 1 tahun; 2) Jenis pekerjaan informan yang berbeda-beda; 3) Informan yang
berusia 19 tahun keatas, karena usia tersebut dinilai sudah cukup mampu memberikan pendapat dan pernyataan yang
tidak berubah-ubah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, serta teknik analisa data yang
digunakan adalah deskriptif kualitatif . Hasil penelitian menunjukkan bahwa menurut informan, Karakteristik perilaku
konsumen bertransaksi didasari oleh tiga hal yaitu: ketepatan transaksi(realtime), keamanan , dan kenyaman
bertransaksi. Dari ketiga karakter tersebut karakteristik rasa aman menduduki peringkat pertama, disusul karakter
nyaman di urutan kedua dan ketepatan waktu di nomer tiga. Selain itu perilaku konsumen dalam melaksanakan transaksi
pembayaran PPOB di PT. KORSIS dipengaruhi oleh faktor internal yang meliputi: 1) Pekerjaan; 2) ekonomi; dan faktor
kebutuhan dan motivasi, sedangkan faktor internal yang tidak mempengaruhi terdiri dari: 1) Usia; 2) Kepribadian. Selain
itu juga, ditemukan bahwa perilaku konsumen dalam melakukan transaksi pembayaran PPOB di PT. KORSIS juga
dipengaruhi faktor eksternal yaitu 1) Budaya; 2) Keluarga; 3) Faktor Sosial; 4)Peran dan Status; 5) Komunikasi
pemasaran yang berfungsi sebagai alat kemudahan bertransaksi.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.