ANALISYS OF BANKRUPTCY PREDICTION INFLUENCED OF FIRM SIZE WITH PROFITABILITY AS AN INTERVENING VARIABLE USED ALTMAN Z-SCORE MODEL ON RETAIL COMPANIES LISTED ON THE INDONESIA STOCK EXCHANGE PERIOD 2012-2016

Tutik Mukaromah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ukuran perusahaan terhadap prediksi kebangkrutan melalui profitabilitas sebagai variabel intervening pada perusahaan ritel yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dengan model Altman Z-Score. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 22 perusahaan ritel yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposivesampling diperoleh sebanyak 10 perusahaan dengan periode lima tahun dari 2012 sampai 2016, sehingga keseluruhan terdapat 50 sampel.
Jenis penelitian ini menggunakan jenis metode kuantitatif dengan data sekunder yang diperoleh dari www.idx.co.id. Analisis data dalam penelitian ini menggunkan analisis deskriptif, uji asumsi klasik dan pengujian hipotesis menggunkan koefisien determinasi, uji t, analisis jalur dan uji sobel.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap prediksi kebangkrutan. (2) Ukuran perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap profitabilitas. (3) Profitabilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap prediksi kebangkrutan. (4) ukuran perusahaan tidak berpengaruh signifikan terhadap prediksi kebangkrutan melalui profitabilitas sebagai variabel intervening.
Kata kunci : Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Prediksi Kebangkrutan.
ABSTRACT


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.