PENGARUH LINGKUNGAN KERJA, DISIPLIN KERJA, DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN BMT TARUNA SEJAHTERA UNGARAN

Maftri Yuliana, Leonardo Budi Hasiholan, Edward Gagah

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh antara lingkungan kerja, disiplin kerja dan kepuasan kerja secara parsial dan simultan terhadap kinerja karyawan BMT Taruna Sejahtera Ungaran. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan BMT Taruna Sejahtera yang berjumlah 150 orang dan sampel yang digunakan 35 responden.
Penelitian ini dilakukan menggunakan teknik pengumpulan data dengan kuesioner, wawancara, dan observasi. Analisis data menggunakan analisis uji validitas, uji reliabilitas dan analisis regresi berganda. Pengujian hipotesis menggunakan uji t, uji F dan Koefisien Determinasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa persamaan regresi yang diperoleh adalah Y = -1,145 + 0,350 X1 + 0,373 X2 + 0,347 X3. Hasil analisis menunjukkan bahwa lingkungan kerja berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja dengan nilai signifikansi 0,019 < α (0,05). Disiplin kerja berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja dengan nilai signifikansi 0,020 < α (0,05). Kepuasan kerja berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja dengan nilai signifikansi 0,045 < α (0,05).
Disarankan bahwa untuk meningkatkan kinerja karyawan, perusahaan diharapkan meningkatkan lingkungan kerja karyawan agar semakin merasa nyaman, meningkatkan disiplin kerja dalam setiap menyelesaikan pekerjaan, memberikan rasa puas karyawan dengan selalu memberikan penghargaan di setiap karyawan berprestasi.
Kata kunci : Lingkungan Kerja, Disiplin Kerja, Kepuasan Kerja dan Kinerja.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.