PENGARUH KUALITAS PRODUK, INOVASI PRODUK DAN LAYANAN PURNA JUAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN WORD OF MOUTH SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI EMPIRIS PADA PRODUK SMARTPHONE ASUS DI KELURAHAN SUSUKAN, KECAMATAN UNGARAN TIMUR, KABUPATEN SEMARANG)

Risma Pradesta, Andi Tri Haryono, Moh Mukeri

Abstract


Penelitian ini didasari oleh fenomena banyaknya masyarakat yang menggunakan dan melakukan keputusan pembelian smartphone ASUS karena pengaruh dari oranglain. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan membahas pengaruh kualitas produk, Inovasi produk dan layanan purna jual terhadap keputusan pembelian dengan word Of Mouth sebagai variabel Intervening pada ASUS smartphone. pengambilan sampel menggunakan data primer dengan 197 responden. Target populasi adalah masyarakat Kelurahan Susukan, Kecamatan Ungaran Timur, Kabupaten Semarang yang melakukan pembelian serta menggunakan Asus smartphone. Instrumen penelitian ini menggunakan kuisoner. Analisis data menggunakan model regresi linear berganda dan analisis jalur.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai koefisien determinasi (adjusted R square) besarnya nilai R Square tahap 1 adalah 0,529 dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak disebutkan dalam penelitian. yang artinya bahwa variabel kualitas produk, inovasi produk dan layanan purna jual memiliki pengaruh terhadap word of mouth. Hasil koefisien determinasi menunjukkan besarnya nilai R Square tahap 2 adalah 0,668 dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak disebutkan dalam penelitian. yang artinya bahwa variabel kualitas produk, inovasi produk, layanan purna jual dan word of mouth memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian. yang artinya variabel kualitas produk, inovasi produk, layanan purna jual dan word of mouth memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian produk smartphone ASUS di Kelurahan Susukan, Kecamatan Ungaran Timur.
Kata Kunci : Kualitas Produk, Inovasi Produk, Layanan Purna Jual, Word Of Mouth, Keputusan Pembelian.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.