ANALYSIS THE EFFECT OF BRAND IMAGE, SERVICE QUALITY, PERCEIVED VALUE ON BRAND EQUITY OF MANDIRI BANK WITH BRAND LOYALTY AS INTERVENING VARIABLE (Case Study on Customers Mandiri Bank Semarang Srondol)

Rahardhian Mohamad, Yulianeu Yulianeu, Andi Tri Haryono, Moh Mukeri

Abstract


Penelitian ini di latarbelakangi oleh semakin ketatnya persaingan di dunia perbankan Indonesia
sehingga setiap bank, khususnya BankMandiri berusaha memperkuat merek. Tujuan dilakukannya penelitian ini
adalah untuk mengetahui pengaruh brand image, service quality, perceived value terhadap brand loyalty
sehingga membentuk brand equity pada bank Mandiri. Penelitian ini dilakukan pada nasabah bank Mandiri
Srondol dengan jumlah sampel yang telah ditetapkan sebanyak 112 responden dengan menggunakan teknik
random sampling. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah brand image (X1), service quality (X2),
perceived value (X3), brand loyalty (Y1) dan brand equity (Y2). Metode analisis yang digunakan adalah analisis
kuantitatif. Data yang digunakan memenuhi uji validitas, uji reliabilitas dan uji asumsi klasik. Pengujian
hipotesis menggunakan uji t menunjukan bahwa semua variable secara parsial berpengaruh positif dan signifikan
terhadap brand equity. Pengujian variable secara bersama-sama melalui uji f menunjukan bahwa semua variable
secara bersama-sama juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap variable brand equity. Melalui uji
koeisien determinasi menunjukan bahwa brand equity dapat dijelaskan oleh variable brand image, service
quality dan perceived value. Dari hasil regresi menyatakan bahwa brand image, service quality dan perceived
value berpengaruh secara langsung terhadap brand equity tanpa harus memlalui brand loyalty.
Kata Kunci :Citra merek, kekuatan merek, kualitas pelayanan, loyalitas merek dan nilai yang diterima.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.