PENGARUH KEPERCAYAAN KONSUMEN, KEMUDAHAN DAN KUALITAS INFORMASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SECARA ONLINE DENGAN MINAT BELI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI PADA PENGGUNA SITUS JUAL BELI BUKALAPAK.COM)

Ria Yunita Dewi, Yulianeu Yulianeu, Andi Tri Haryono, Edward Gagah

Abstract


Berkembangnya bisnis e-commerce telah merubah perilaku konsumen dari kebiasaan berbelanja di pusat
perbelanjaan sekarang mulai beralih dengan menggunakan media online. Keputusan pembelian online didahului
adanya minat dalam benak konsumen untuk melakukan pembelian, dimana dipengaruhi oleh kepercayaan,
kemudahan dan kualitas informasi. Tujuan penelitian adalah menganalisis pengaruh kepercayaan, kemudahan
dan kualitas informasi terhadap keputusan pembelian secara online dengan minat beli sebagai variabel
intervening.
Populasi penelitian adalah konsumen yang pernah melakukan pembelian secara online di situs Bukalapak
(Bukalapak.com).Sampel berjumlah 100 orang dengan metode accidental sampling.Pengumpulan data dilakukan
dengan menggunakan kuesioner. Data dianalisis menggunakan analisis regresi linier berganda dengan
menggunakan program SPSS.
Hasil penelitian menunjukkan Uji Hipotesis (Uji t) H1=2,559, H2=2,579 , H3=3,066 , H4=2,714 ,
H5=2,651 , H6=4,444 , H6=2,815. Uji Reliabilitas dengan Cronbach Alpha > 0,6 :kepercayaan konsumen (alpha
0,673) , kemudahan (alpha 0,619) , kualitas informasi (alpha 0,645) , minat beli (alpha 0,615) , keputusan
pembelian online (alpha 0,629) .Uji Intervening : a.pengaruh kepercayaan konsumen terhadap keputusan
pembelian online dengan minat beli sebagai variabel intervening (0,213> 0,056) , b.pengaruh
kemudahanterhadap keputusan pembelian online dengan minat beli sebagai variabel intervening (0,243> 0,066) ,
c.pengaruh kualitas informasiterhadap keputusan pembelian online dengan minat beli sebagai variabel
intervening (0,345> 0,065).
Kata Kunci : Kepercayaan Konsumen, Kemudahan, Kualitas Informasi, Minat Beli, dan Keputusan
Pembelian


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.