THE EFFECT OF RELATIONSHIP MARKETING,QUALITY OF SERVICE AND CUSTOMER SATIFACTION TO CUSTOMER LOYALITY IN PT PANELIA EKYSATYA DEMAK

Ali Muktar, Moh Mukeri, Leonardo Budi Hasiholan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh relationship marketing, kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan pada PT Panelia Ekysatya Demak. Populasi dalam penelitian ini seluruh agen lpg yang ada di demak dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposivesampling diperoleh sampel sebanyak 100 responden.
Jenis penelitian ini menggunakan jenis metode kualitatif dengan data primer yang diperoleh dari PT Panelia Ekysatya Demak . Analisis data dalam penelitian ini menggunkan analisis deskriptif, uji asumsi klasik dan pengujian hipotesis menggunkan koefisien determinasi, uji t, dan menyebar angket atau kuisioner kepada responden .
Hasil penelitian menunjukkan bahwa relationship marketing berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan dan kepuasan pelanggan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan..
Kata kunci : Relathionship Marketing, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Pelanggan.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.