ANALYSIS OF EFFECT OF CAPITAL STRUCTURE, LIQUIDITY, PROFITABILITY, TOTAL ASSETS TURNOVER AND FIRM SIZE TO THE VALUE OF COMPANIES WITH NET SALES AS A MODERATING VARIABLE (Empirical Study on Food And Beverages Companies Listed In Indonesia Stock Exchange 2012-2016 Period)

Doni Fatah, Dheasey Amboningtyas, Azis Fathoni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menemukan bukti empiris dan menganalisis pengaruh Struktur Modal, Likuiditas, Profitabilitas, Total Assets Turnover dan Firm Size terhadap nilai perusahaan dengan Net Sales sebagai variabel moderating (studi empiris pada perusahaan food and beverages yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2012-2016) secara simultan maupun parsial, serta untuk menganalisis dan menguji Net Sales sebagai variabel moderating apakah merupakan Pure Moderator dalam hubungan antara Struktur Modal, Likuiditas, Profitabilitas, Total Assets Turnover maupun Firm Size terhadap Nilai Perusahaan. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah metode purposive sampling dan diperoleh 19 perusahaan sampel yang menjadi objek penelitian. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan SPSS dimana data diuji dengan menggunakan uji koefisien determinasi (R2), uji F dan uji t pada level signifikan 5% (0,05), serta pengujian MRA (Moderating Regression Analyze). Selain itu data di analisis dengan statistik deskriptif dan terdapat juga uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas dan uji autokorelasi. Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Sruktur Modal (DER), Likuiditas (CR), Profitabilitas (ROE), Total Assets Turnover (TATO) dan Firm Size (SIZE), sementara Nilai Perusahaan (PBV) sebagai variabel dependen, serta digunakannya Net Sales (NET SALES) sebagai variabel moderating. Hasil pengujian menunjukkan bahwa Struktur Modal, Likuiditas, Profitabilitas, Total Assets Turnover dan Firm Size bersama-sama secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Nilai Perusahaan. Secara parsial Struktur Modal tidak berpengaruh signifikan terhadap Nilai Perusahaan, sedangkan Likuiditas, Profitabilitas, Total Assets Turnover dan Firm Size berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Hasil pengujian MRA (Moderating Regression Analyze) menunjukkan Net Sales dalam hubungan antara Struktur Modal, Likuiditas, Profitabilitas, Total Assets Turnover maupun Firm Size terhadap Nilai Perusahaan bukan Pure Moderator.
Kata kunci: Debt to Equity Ratio (DER), Current Ratio (CR), Return On Equity (ROE), Total Assets Turnover (TATO), Firm Size (SIZE), Price to Book Value (PBV), Net Sales (NET SALES).


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.