SALES IMPROVEMENT STRATEGY BY IMPROVING THE FREQUENCY OF VISIT SALES FORCE (Study at Marga Nusantara Jaya in Blora Regency Area)

Pujianto Pujianto, Djamaludin Djamaludin, Andi Tri Haryono

Abstract


Fokus dalam penelitian ini adalah strategi peningkatan penjualan dengan memaksimalkan
frekuensi kunjungan tenaga penjual. Guna mendalami fokus tersebut penelitian ini akan
menggunakan metode kualitatif. Penelitian kualitatif dipilih karena fenomena yang diamati perlu
pengamatan terbuka, lebih mudah berhadapan dengan realitas, kedekatan emosional antara peneliti
dan responden sehingga didapatkan data yang mendalam. Penelitian kualitatif memiliki tujuan
untuk mengeksplorasi kekhasan pengalaman seseorang ketika mengalami suatu fenomena
sehingga fenomena tersebut dapat dibuka dan dipilih sehingga dicapai suatu pemahaman yang ada.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi yang sesuai yaitu: cara strategi
diversivikasi produk karena PT Marga Nusantara Area Blora saat ini memiliki kekuatan dan
ancaman yang besar, maka strategi inilah yang dapat digunakan untuk kemajuan PT Marga
Nusantara Area Blora yang dilakukan oleh PT Marga Nusantara Area Blora adalah sebagai
berikut: (a) segmen pasar yang dituju adalah kelas sosial menengah ke bawah, (b) target pasar
yang dipilih berupa konsentrasi segmen atau pasar tunggal, (c) PT Marga Nusantara Area Blora
diposisikan pada kelas menengah kebawah dengan kualitas yang tinggi.
Kata kunci : Strategi Pemasaran, Analisis SWOT,Segmentasi, Targeting dan Posisioning


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.