INFLUENCE OF LEARNING DISCRIPLINE, METHODS OF TEACHING TEACHERS AND SCHOOL FACILITIES ON IMPROVING STUDENT ACHIEVEMENT SMK NEGERI 1 PRINGAPUS

Rindo’ah Rindo’ah, Dheasey Amboningtyas

Abstract


Artikel ini bertujuan untuk menginformasikan dan melihat pengaruh disiplin belajar, metode mengajar guru dan fasilitas sekolah terhadap peningkatan prestasi siswa SMK Negeri 1 Pringapus program keahlian Busana Butik. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Populasi penelitian seluruh siswa kelas XII program keahlian Busana Butik angkatan 2017/2018 120 siswa, jumlah sampel 92 siswa dengan teknik pengambilan sampel menggunakan rumus Slovin. Data dan sumber datanya yaitu data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yaitu dokumentasi, angket dan observasi. Uji coba instrumen menggunakan uji validitas dan reliabilitas, teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa disiplin belajar, metode mengajar guru dan fasilitas sekolah baik secara parsial maupun secara simultan berpengaruh signifikan terhadap prestasi siswa dari perhitungan R square sebesar 84,3%.
Kata kunci : Disiplin Belajar, Metode Mengajar Guru, Fasilitas Sekolah, Prestasi Siswa.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.