APPLICATION OF MARKETING MIX IN IMPROVING SALES VOLUME IN PT. NUSANTARA SAKTI BRANCH OF SIMONGANSEMARANG

Ani Mardiyaningsih, Djamaludin Malik, Azis Fathoni

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan strategi bauran pemasaran yang dilakukan oleh PT. Nusantara Sakti Cabang Simongan Semarang dalam upaya meningkatkan volume penjualan pada produk sepeda motor Honda.Komponen bauran pemasaran terdiri dari strategi produk, harga, distribusi, dan promosi. Volume penjualan merupakan jumlah total yang dihasilkan dari kegiatan penjualan produk dalam waktu tertentu. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif yang bersifat kualitatif dengan bentuk penelitian analisis dokumen atau analisis.
Dari hasil penelitian yang dilakukan maka dapat diambil kesimpulan bahwa Strategi yang dilakukan PT. Nusantara Sakti Cabang Simongan Semarang dalam meningkatkan volume penjualan adalah dengan memerankan strategi bauran pemasaran, yaitu ; (1) Produk, berupakeanekaragaman produk sepeda motor Honda yang dijual dan penyediaan produk berkualitas,(2) Harga, dengan menggunakan strategi penyediaan daftar harga, potongan harga, dan jenis pembayaran, (3) Distribusi, dengan menggunakan strategi saluran pemasaran, lokasi penjualan, dan persediaan produk, dan (4)Promosi; dengan menggunakan periklanan seperti pemasangan iklan di koran, radio, maupun menggunakan brosu, penjualan langsung melalui sales, promosi penjualan, maupun kegiatan yang dilakukan seperti serbu pasar dan serbu kampung.
Kata Kunci : Startegi Bauran Pemasaran, Produk, Harga, Distribusi, Promosi, dan Volume Penjualan.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.