PENGARUH STRES KERJA (INDIVIDU, KELOMPOK, DAN ORGANISASI) TERHADAP KINERJA KARYAWAN PT. GRAHA CANDI GOLF SEMARANGPENGARUH STRES KERJA (INDIVIDU, KELOMPOK, DAN ORGANISASI) TERHADAP KINERJA KARYAWAN PT. GRAHA CANDI GOLF SEMARANG

Abu Hasan, Azis Fathoni, Djamaluddin Malik

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh stres kerja terhadap kinerja karyawan di PT Graha Candi Golf. Stres terhadap kinerja dapat berperan positif dan juga berperan negatif, seperti dijelaskan pada Hukum Yerkes Podson yang menyatakan hubungan antara stres dengan kinerja seperti huruf U terbalik. Stres kerja merupakan aspek yang penting bagi perusahaan terutama keterkaitannya dengan kinerja karyawan. Perusahaan harus memiliki kinerja, kinerja yang baik/tinggi dapat membantu perusahaan memperoleh keuntungan. Sebaliknya, bila kinerja menurun dapat merugikan perusahaan. Oleh karenanya kinerja karyawan perlu memperoleh perhatian antara lain dengan jalan melaksanakan kajian berkaitan dengan variabel stres kerja.
Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kausal untuk membuktikan hubungan sebab-akibat atau hubungan mempengaruhi dan dipengaruhi dari variabel-variabel yang diteliti. Penelitian ini dilakukan dengan mengunakan metode kuesioner yang bersifat tertutup yaitu responden diberi alternatif pilihan jawaban pada setiap pernyataan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan stres kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan. Jika diuraiakan secara parsial, stres kerja individu dan stres kerja kelompok mempunyai pengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan sedangkan stres kerja organisasi tidak memiliki pengaruh yang signifikan. Stres kerja kelompok merupakan faktor yang paling berpengaruh terhadap kinerja karyawan PT Graha Candi Golf.
Kata kunci : Stres kerja individu, stres kerja kelompok, stres kerja organisasi, kinerja karyawan.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.