PENGARUH KUALITAS PRODUK, CITRA MERK, PERSEPSI HARGA TERHADAP EMOTIONAL RESPONSE DENGAN MINAT BELI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Komparatif Terhadap Produk Adidas dan Nike)

Aru Fico Septanto, Andi Tri Haryono, Cicik Harini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan serta menganalisis seberapa besar pengaruh kualitas produk, persepsi harga,citra merek dan emotional response terhadap minat beli produk sepatu merek Adidas dan Nike sehingga dapat berpengaruh terhadap minat beli produk sepatu merek Adidas dan Nike di kota Semarang. Pelelitian ini dilakukan berdasarkan data market share Adidas dan Nike tahun 2012 sampai 2017. Pada penelitian ini data dikumpulkan melalui kuesioner terhadap 100 konsumen produk sepatu merek Adidas dan 100 konsumen produk sepatu merek Nike di kota Semarang yang diperoleh dengan teknik Purposive sampling. Analisis yang dilakukan secara kuantitatif, adapun tahap tahap pengujian adalah uji validitas, uji reabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, pengujian hipotesis melalui uji F dan uji t, dan koefisiensi determinasi.Berdasarkan analisis yang telah dilakukan dalam penelitian ini terhadap produksepatu merek Adidas membuktikan bahwa kualitas produkberpengaruh secara signifikan terhadap minat beli produksepatu merek Adidas, serta citra merek dan persepsi harga tidak berpengaruh secara signifikan terhadap minat beli produksepatu merek Adidas, untuk kualitas produk, citra merek dan persepsi harga berpengaruh signifikan terhadap minat beli. Kemudian analisis terhadap minat beli terhadap emotional response membuktikan minat beli berpengaruh secara signifikan terhadap emotional response produksepatu merek Adidas dan kualitas produk, citra merek, persepsi harga dan minat beli tidak bepengaruh secara signifikan terhadap emotional response terhadap sepatu merek Adidas. Kemudian berdasarkan analisis yang telah dilakukan terhadap produksepatu merek Nike membuktikan bahwa kuliatas produk dan citra merektidak berpengaruh secara signifikan terhadap minat beli produksepatu merek Nike. Dan presepsi harga berpengaruh secara signifkan terhadap minat beli produksepatu merek Nike. Kemudian analisis minat beli terhadap emotional response membuktikan bahwa minat beli tidak berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian produksepatu merek Nike dan secara keseluruhan kualitas produk, citra merek, persepsi harga dan minat beli tidak bepengaruh secara signifikan terhadap emotional response.
Kata Kunci : Kualitas produk , persepsi harga , citra merek , minat beli , emotional response, Adidas, Nike


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.