PERENCANAAN GEDUNG PARKIR SEPEDA MOTOR 3 LANTAI DARI KONTRUKSI BETON DI UNIVERSITAS PANDANARAN

Soehartono Soehartono

Abstract


Indonesia terletak pada daerah rawan gempa, meskipun di daerah UNPAND tidak pernah mengalami gempa. karena bangunan gedung pakir memiliki tiga lantai.untuk mengurangi resiko bencana perlu konstruksi bangunan tahan gempa. Perencanaan ini bertujuan untuk merencanakan suatu struktur bangunan gedung parkir motor 3 lantai, yang stabil, cukup kuat, mampu layan, awet dan memenuhi tujuan lainnya seperti ekonomis dan kemudahan pelaksanaan.
Dalam perencanaanini akan direncanakan struktur gedung dengan struktur beton portal tak bergoyang SNI 03-2847-2012 dan SNI 1726 2012 dimana bangunan sistem rangka pemikul momen khusus dan menggunakan Strong Column and Weak Beam (kolom kuat dan balok lemah). Struktur yang direncanakan adalah gedung parkir sepeda motor.
Pada struktur beton tebal pelat atap 100 mm, tebal pelat lantai 120 mm, balok anak 350 x 200 mm, balok induk 550 x 300 mm, kolom persegi 500 x 500 mm,dengan mutu beton fc 25 MPa dan fy 400 MPa.pada intinya gedung ini di rencanakan untuk membuat nyaman pengguna,jika sewaktu waktu gedung terjadi gempa.
Kata kunci : Kolom kuat, Balok lemah, Universitas Pandanaran.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.