Penerapan Metode Clustering K-Means Dalam Pengelompokan Keaktifan Mahasiswa Dalam Asynchronous Learning

Abdul Rohman, Sri Mujiyono

Sari


Keaktifan mahasiswa dalam asynchronous e-learning merupakan kegiatan belajar mengajar online atau daring secara tidak langsung. Hal ini diperlukan analisis terhadap seberapa besar tingkat aktifan mahasiswa dengan mengelompokkan mahasiswa berdasarkan atribut metode pengajaran yang dilakukan dengan menggunakan sistem informasi pembelajaran di kampus. Dalam penelitian ini, pengelompokkan keaktifan mahasiswa menggunakan metode clustering algoritma k-means, dalam mata kuliah sinematografi dengan jumlah 29 mahasiswa. Dan menghasilkan 3 kelompok yaitu keaktifan yang tinggi berjumlah 18 mahasiswa, keaktifan yang sedang berjumlah 4 mahasiswa dan keaktifan mahasiswa yang rendah berjumlah 7.

 

Kata kunci: Asynchronous, Clustering, Algoritma K-Means, Keaktifan, Mahasiswa


Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.37760/neoteknika.v7i1.1804

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


TerIndek :

GOOGLE SCHOLAR


DESKRIPSI GAMBAR