PENJERNIHAN AIR DENGAN SARINGAN PASIR DAN DESINFEKTAN ALAMI

Soehartono .

Sari


Air kotor dapat membahayakan bagi kesehatan dan keselamatan jiwa bagi manusia, yang bisa menjadikan wabah penyakit kolera, kurap, kudis, diare/disentri dan  tipus adalah sebagian dari penyakit yang timbul dari air kotor yang  tetap dikonsumsi tanpa pengolahan yang lebih lanjut.

Kebutuhan akan air bersih untuk konsumsi masyarakat masih terhambat dikarenakan air kotor dan sumber air yang ada tidak didayagunakan secara maksimal. Salah satu sumber air baku yang mudah diperoleh adalah air sungai,  tetapi masih dikatagorikan/tergolong sebagai air kotor dikarenakan masih banyaknya masyarakat yang membuang limbah ke sungai. 

Untuk mengatasi air kotor dari sungai solusi dengan sistem penyaringan air sungai dengan menggunakan metode penjernihanpasir, dengan dua kali tahapan yang menggunakan penjernihandan desinfeksi alami menggunakan biji kelor, selain itu dalam konsep ini kita memanfaatkan gaya ke atas air (upflow).

Dengan sistem penyaringan ini diharapkan dapat menghasilkan air yang memenuhi standar air bersih yang dapat diminum serta memenuhi standar kesehatan dan dapat dikonsumsi bagi masyarakat di daerah aliran sungai bahkan bisa menyuplai ke daerah yang kekurangan air bersih, sehingga masyarakat mengkonsumsi air dengan standar kualitas kesehatan.

 

Keyword: Penjernihan Air, Dengan Pasir & Biji Kelor


Teks Lengkap:

PDF (English)


DOI: https://doi.org/10.37760/neoteknika.v1i1.356

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


TerIndek :

GOOGLE SCHOLAR


DESKRIPSI GAMBAR