ANALISIS SARANA PENYEBERANGAN DAN PERILAKU PEJALAN KAKI MENYEBERANG DI RUAS JALAN PROF. SUDARTO, SH KECAMATAN BANYUMANIK KOTA SEMARANG

Soehartono .

Sari


Pejalan kaki memiliki hak yang sama dengan pemakai jalan lainnya pengendara motor atau mobil yang kerap kali pejalan kaki menjadi korban pengendara lain yang merasa superior, padahal bila pejalan kaki dan pengendara motor atau mobil mengerti petunjuk dasar keselamatan di jalan mereka tentu tidak perlu berbenturan. Pejalan kaki juga merupakan bagian dari sistem transportasi tak terpisahkan dibandingkan dengan moda transportasi lainnya, meskipun tindakan berjalan kaki terlihat sangat sederhana, akan tetapi mempunyai peranan penting dalam sistem transportasi, karena jika pejalan kaki mengalami gangguan akan mempengaruhi bagian lain dari sistem transportasi.
Tujuan dari analisis pejalan kaki di sepanjang ruas Jalan Prof. Sudarto, SH adalah untuk mengetahui karakteristik pejalan kaki, mencari hubungan persamaan antara kecepatan berjalan serta menentukan fasilitas penyeberangan yang sesuai dengan karakteristik pejalan kaki.
Fasilitas penyeberangan pelican dengan pelindung diusulkan dengan menggunakan pulau pelindung dengan dilengkapi lampu isyarat mengingat jalan Prof. Sudarto, SH Kota Semarang adalah jalan dua arah dengan dua lajur.
Kata Kunci : Pejalan Kaki, Efektifitas, Pelican Dengan Pelindung.

Teks Lengkap:

PDF (English)


DOI: https://doi.org/10.37760/neoteknika.v1i1.357

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


TerIndek :

GOOGLE SCHOLAR


DESKRIPSI GAMBAR