SIRKULASI DAN PARKIR, ACTIVITY SUPPORT DI KAWASAN PETERONGAN SEMARANG (PENGGGAL JL. MT HARYONO MULAI PEREMPATAN LAMPER SARI SAMPAI PERTIGAAN SOMPOK)

Taufiq Rizza Nuzuluddin

Sari


Penilitian Kawasan Peterongan pada penggal jalan MT Haryono mulai perempatan Lamper Sari sampai pertigaan Sompok bertujuan untuk mendapatkan pengaruh parkir dan activity support terhadap sirkulasi dan mencari optimalisasi koridor jalan tersebut. Permasalahan dalam penelitian ini adalah seberapa besar kemampuan sirkulasi yang dapat ditampung di koridor Jalan MT Haryono kawasan penelitian dan bagaimana pengaruh parkir dan activity support terhadap sirkulasi di koridor tersebut.
Kajian teori tentang sirkulasi dan parkir, jalur pedestrian, figure ground dan linkage, path dan nodes dan teori tentang infrastruktur kota, rekayasa lalu lintas dan peraturan daerah perlu dilakukan untuk melihat sirkulasi di koridor kawasan penelitian. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, interview dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan metode kualitatif rasionalistik. Variabel pada penelitian ini adalah volume sirkulasi, parkir dan activity support (PKL, pasar, pertokoan, perkantoran).
Hasil dari penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa koridor Jalan MT Haryono kawasan penelitian sudah tidak optimal dimanfaatkan untuk sirkulasi kendaraan. Derajat kejenuhan menunjukkan arus lalu lintas yang tidak stabil khususnya pada sore hari kerja. Faktor yang mempengaruhi kelancaran sirkulasi kendaraan adalah volume parkir yang melebihi kapasitasnya di lajur pinggir jalan terutama di sekitar depan Pasar Peterongan. Sedangkan faktor yang mempengaruhi kelancaran sirkulasi pejalan kaki adalah parkir dan PKL yang menempati pedestrian ways. Aktivitas PKL juga menempati lajur parkir pinggir jalan, sehingga mengurangi kapasitas ruang untuk parkir.
Kata kunci: Sirkulasi, Parkir dan Activity Support

Teks Lengkap:

PDF (English)


DOI: https://doi.org/10.37760/neoteknika.v1i2.555

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


TerIndek :

GOOGLE SCHOLAR


DESKRIPSI GAMBAR