PEMAPARAN KEKERASAN KELUARGA DI MEDIA MASSA

Retno Djohar Juliani, Rekno Sulandjari

Abstract


Ketimpangan relasi dalam kehidupan berumah tangga seringkali dianggap hal lumrah di kehidupan sehari-hari. Jika ditinjau dari budaya jawa kita bahwa pemimpin dalam keluarga adalah lelaki yang boleh saja melakukan apapun agar kehidupan berkeluarga selaras dengan tujuannya. Apalagi jika ditinjau dari realitas bahwa mayoritas penganut agama di Indonesia adalah Islam yang memandang bahwa kedudukan lelaki memang lebih mulia dibandingkan perempuan. Penelitian ini berfokus pada pemberitaan dengan kemasan feature tentang hubungan keluarga dengan korban yang selalu perempuan.
Penelitian menggunakan analisa semiotika yang menggambarkan bagaimana media menjadi bagian dari dominasi ideology patriarkhi memberi tempat bagi legitimasi bias gender dalam merepresentasikan perempuan melalui berbagai macam teks media yang selalu menampilkan kondisi perempuan sebagai objek, dengan visualisasi dan identifikasi tubuh. Dalam bahasa Berger analisis sintagmatik berupaya melihat teks sebagai rangkaian peristiwa yang membentuk sejumlah cerita (1982: 24).
Penelitian bertujuan untuk membaca tanda-tanda yang melahirkan makna yang terbentuk melalui teks pada bahasa untuk melihat ketimpangan kekuasaan yang terjadi di masyarakat, terutama dalam kehidupan berumah tangga, karena ketimpangan kekuasaan tersebut menghasilkan output berita-berita yang rasis dan seksis (kekerasan simbolik berbasis gender). Pengumpulan data menggunakan teknik purposive sampling (penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu).Dari penelitian ini diharapkan dapat meminimalisir terjadinya kekerasan dalam rumah tangga melalui pembelajaran dari pengalaman para perempuan korban KDRT yang dilakukan oleh laki- laki ( suami ) dengan cara mengenali sifat laki- laki yang akan menjadi calon suami dan situasi keluarganya yang terindikasi dapat melakukan KDRT. Selain itu hasil riset ini dapat digunakan sebagai bahan ajar dalam salah satu mata kuliah serta diharapkan dapat bermanfaat secara sosial bagi pihak-pihak yang fokus melakukan pencegahan dan penanganan kasus kekerasan dalam rumah tangga.
Kata kunci : Kekerasan, Feminis dan Media Massa

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.