OPTIMALISASI PENGELOLAAN MANGROVE BERBASIS MASYARAKAT DESA BETAHWALANG KECAMATAN BONANG KABUPATEN DEMAK

Maria Magdalena Minarsih, Sri Subekti, Agustien Zulaedah

Abstract


Ekosistem mangrove merupakan ekosistem interface antara ekosistem daratan dengan ekosistem lautan. Oleh karena itu, ekosistem ini mempunyai fungsi spesifik yang keberkelangsungannya bergantung pada dinamika yang terjadi di ekosistem daratan dan lautan.
Peran ekosistem mangrove antara lain sebagai pelindung dan penahan pantai, mengurangi dampak pemanasan global (global warming), penghasil bahan organik, bahan industri dan obat-obatan serta sebagai kawasan pariwisata dan konservasi. Hutan mangrove memiliki beberapa fungsi ekologis. Salah satu fungsinya adalah sebagai penghasil sejumlah besar detritus, terutama yang berasal dari serasah (daun, ranting, bunga dan buah yang gugur). Sebagian detritus ini dimanfaatkan sebagai bahan makanan oleh fauna makrobenthos pemakan detritus, sebagian lagi diuraikan secara bakterial menjadi unsur hara yang berperan dalam penyuburan perairan.
Berbagai dampak kegiatan manusia terhadap ekosistem mangrove harus diidentifikasi baik yang telah terjadi maupun yang akan terjadi dikemudia hari.
Kata Kunci: Mangrove, Pengelolaan Mangrove, Peran Serta Masyarakat, Olahan Makanan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.