PENERAPAN SIKAP DAN PERILAKU SEORANG PUBLIC RELATION DALAM JURNALISTIK SURAT KABAR (STUDI KASUS; SUPLEMEN OUTLET 21 DI HARIAN SUARA MERDEKA)

Retno Sulanjari, Sri Praptono

Abstract


Dengan diawali perubahan UU pers kita yang baru yaitu : UU No.1/Pers/Menpen/98 tentang ketentuan-ketentuan penerbitan pers dan SK Menpen No.132/98 tentang ketentuan pembuatan SIUP, maka surat kabar-surat kabar semakin bervariatif baik isi maupun kemasan lay outnya. Demikian menariknya karena ditambah dengan halaman suplemen sebagai penambah wawasan dan wacana bagi pembacanya. Untuk menjaga image yang positif di mata pelanggan dan pemasang iklan, Suara Merdeka juga menerapkan strategi yang sama. Dalam suplemen Outlet 21 tujuan semula adalah untuk memberikan pelayanan tambahan untuk pemasang iklan di harian tersebut. Cara yang ditempuh dengan mengulas lebih mendalam tentang produk yang diiklankan. Jika elektronika yang diulas seputar teknologi dengan fasilitas pendukung. Demikian juga jika produk yang bersangkutan berupa perumahan atau otomotif. Outlet 21 menggali lebih mendalam tentang data penunjang perumahan dan otomotif yang bersangkutan, namun dalam media jangka panjang, Outlet 21 dimaksud untuk menyaring para calon pemasang iklan.
Mensiasati fenomena seperti ini, tak ada salahnya jika seorang wartawan juga mau memposisikan perannya sebagai fungsi seorang Public Relations. Di antaranya dalam diri seorang wartawan harus memiliki pengembangan sikap yang positif. Karena pancaran kepribadian yang menarik lahir melalui sikap (attitude) yang positif. Sikap positif ini tercermin dalam cara dan gaya berjalan, bersalaman, kebiasaan berpakaian, sopan santun (tata krama) semangat kerja dan antusiasme dalam hidup.
Selain itu seorang wartawan juga harus mampu memahami kecemasan yang timbul dalam hatinya, seorang wartawan harus dapat menguasai rasa kecemasannya sendiri sebelum menangani orang lain, karena salah satu tugasnya adalah menanggulangi kecemasan orang lain. Tahap selanjutnya seorang wartawan juga mampu memahami orang lain sebagi lawan bicaranya. Berjiwa besar, menghormati orang lain, memahami orang lain, memanage stress, mengatur diri, dan sebagainya perlu mendapat perhatian khusus.
Kata Kunci: Strategi Pasar, Wartawan, Peran Public Relations

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.