PENGARUH KREATIVITAS IKLAN TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN OBAT BATUK WOODS’ DI KECAMATAN LIMBANGAN

Deka Febrian

Abstract


Sesuai hasil pra-survey, pembelian obat batuk Woods’ 6 bulan terakhir mengalami penurunan di Kecamatan Limbangan. Kondisi tersebut memberikan arahan terjadinya permasalahan pada pemasaran produk Woods’, yaitu factor kreativitas periklanan. Untuk menghasilkan iklan yang baik, perusahaan dituntut menjalankan elemen kreativitas iklan yang meliputi: attention, interest, desire,

conviction, dan action. Masalah yang diajukan “adakah pengaruh faktor attention, interest, desire, conviction, action terhadap loyalitas konsumen obat batuk Woods’ di Kecamatan Limbangan”. Digunakan sampel sebanyak 96 responden, dengan cara accidental sampling, dan teknik wawancara. Setelah data terkumpul dilakukan pengolahan menggunakan program SPSS, dengan rumus regresi berganda. Dari hasil penelitian kelima variabel bebas mampu berpengaruh secara partial dan simultan terhadap loyalitas konsumen. Koefisien determinasi menunjukkan sebesar 85 persen variasi pada loyalitas konsumen dipengaruhi oleh X1, X2, X3, X4 dan X5 secara simultan. Besarnya koefisien determinasi, dari kelima variabel bebas memperlihatkan dominasi pengaruhnya terhadap loyalitas konsumen, jika dibandingkan dengan determinan variabel bebas lain di luar penelitian.

 

Kata Kunci: Kreatifitas Iklan Loyalitas Konsumen


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.