STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN EKOWISATA HUTAN MANGROVE PANDANSARI BREBES

Sri Sutjiatmi, Sarwo Edy

Sari


Pengembangan ekonomi wisata (ekowisata) merupakan salah satu alternatif pembangunan yang dapat membantu mengatasi masalah minimnya kesejahteraan masyarakat lokal. Pemanfaatan ekosistem mangrove untuk konsep wisata (ekowisata) sejalan dengan pergeseran minat wisatawan dari old tourism yaitu wisatawan yang hanya datang melakukan wisata saja tanpa ada unsur pendidikan dan konservasi menjadi new tourism yaitu wisatawan yang datang untuk melakukan wisata yang di dalamnya ada unsur pendidikan dan konservasi. Oleh karena itu, selain memaksimalkan komunikasi pemasaran yang efektif maka juga diperlukan upaya yang serius untuk mengelola, mengembangkan serta memasarkannya agar terciptanya kelestarian lingkungan hidup serta meningkatnya kesejahteraan masyarakat setempat pada khususnya dan masyarakat Indonesia pada umumnya. Strategi komunikasi pemasaran ysang diarahkan pada upaya menemus situasi persaingan dalam era pasar global, menurut Keegan, menuntut adanya pola keseragaman (uniformity) yang relatif berskala global atau universal dalam beberapa aspek di antaranya strategi posisi, penamaan merk, penetapan harga dan stategi periklanan (Hermawan, 2002:67)
Kata kunci : ekowisata, strategi komunikasi pemasaran, analisis SWOT.


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.