STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PADA MINAT BERWIRAUSAHA PRODUK LOKAL (KERAJINAN BAMBU) DI KWD KELURAHAN PULUTAN KECAMATAN SIDOREJO KOTA SALATIGA

Rekno Sulandjari

Sari


Rata-rata masyarakat Indonesia memiliki handphone lebih dari satu per orangnya. Handphone merupakan salah satu alat elektronik yang sedang berkembang penggunaanya di masyarakat saat ini, dan hampir semua penggunanya sangat merasa ketergantungan dengan benda kecil yang satu ini. Dalam penelitian ini handphone bisa dimanfaatkan sebagai salah satu sarana strategi komunikasi pemasaran Sehingga simpulan dalam penelitian ini adalah terdapat hubungan yang cukup yaitu sebesar 0.485 antara media penyampaian pesan yaitu strategi komunikasi pemasaran (variabel X1) dan kreativitas desain furniture bambu (variabel X2) secara bersama-sama pada kegiatan kewirausahaa (variabel Y). Artinya, jika variabel X1, X2 meningkat, maka variabel Y juga ikut meningkat (korelasi positif). Dan besarnya tingkat efektivitas media penyampaian pesan pada kegiatan kewirausahaan dalam penelitian ini adalah 44,1%, sedangkan sisanya 55,9% disebabkan oleh faktor-faktor lain di luar penelitian ini. Berdasarkan hasil dari hipotesis penelitian ini, didapatkan bahwa strategi komunikasi pemasaran merupakan ia penyampaian pesan yang paling efektif bagi peserta kewirausahaan dibandingkan dengan media lainnya, yaitu kreativitas desain furniture bambu dengan thit sebesar 3.716.
Kata Kunci : Bervirausaha, Komunikasi, Kreativitas, Pemasaran, Strategi


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.