PENGARUH KOMUNIKASI BISNIS DAN KOMUNIKASI ORGANISASI PADA PENGEMBANGAN USAHA CV CANDI KARYA

Rekno Sulandjari, Sri Praptono, Leonardo Budi Hasiholan

Sari


Era industry 5.00 memaksa para pelaku usaha mikro kecil lebih berinovasi dalam mengkolaborasikan aktivitas internalnya demi menuju pengembangan usahanya agar survive. Demikian juga yang terjadi di CV Candi Karya, dimana dengan mengkonstruksi komunikasi bisnis dan komunikasi organisasi diharapkan mampu memaksimalkan pengembangan usahanya di tengah pandemic yang belum juga usai.  Berdasarkan penelitian di atas juga didapatkan hasil bahwa jika variabel X1, X2 meningkat, maka variabel Y juga ikut meningkat (korelasi positif). Dan besarnya tingkat efektivitas komunikasi bisnis  dan komunikasi organisasi dalam penelitian ini adalah 52,4%, sedangkan sisanya 51,9% disebabkan oleh faktor-faktor lain di luar penelitian ini. Komunikasi bisnis dalam perusahaan CV Candi Karya merupakan kegiatan yang paling efektif bagi terbentuknya komunikasi organisasi demi pengembangan organisasi dibandingkan dengan kegiatan lainnya lainnya, yaitu bisa terpantau dari forum diskusi dengan thit sebesar 4.768. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa komunikasi bisnis dan komunikasi cukup berpengaruh pada pengembangan usaha yang dilakukan CV Candi Karya.

 

Kata Kunci : Komunikasi Bisnis, Komunikasi Organisasi, Pengembangan Usaha


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.