PERANAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DALAM MEMODERASI PENGARUH PROFITABILITAS, LEVERAGE DAN LIKUIDITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi Empiris Pada Perusahaan Industri Manufaktur yang tercatat di BEITahun 2013-2017)

Yohana Safitri, Abrar Oemar, Edi Budi Santoso

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keberlangsungan perusahaan di era globalisasi. Dimana perusahaan dituntut untuk mensejahterakan para pemegang saham atau stakeholder. Tujuan berdirinya suatu perusahaan adalah untuk memaksimalkan nilai perusahaan. Nilai perusahaan sendiri dapat menggamabarkan keadaan suatu perusahaan. Karena melalui nilai perusahaan dapat diketahui harga saham suatu perusahaan yang diperjual belikan di pasar modal.
Studi penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan Corporate Social Responsibility dalam memoderasi pengaruh profitabilitas, leverage dan likuiditas terhadap nilai perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI pada tahun 2013-2017. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 43 perusahaan dan setelah melalui metode purposive sampling, jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini menjadi 20 perusahaan dengan 100 total pengamatan. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder berupa data annual report yang diunduh dari website BEI.
Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana untuk hipotesis 1-3, dan analisis regresi linier berganda dengan uji Moderated Regression Analysis (MRA) untuk menguji hipotesis 4-6. Penelitian ini menemukan bahwa profitabilitas, leverage, dan likuiditas berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. Dalam penelitian ini Corporate Social Responsibility (CSR) sebagai variabel pemoderasi tidak mampu memoderasi pengaruh profitabilitas, leverage, dan likuiditas terhadap nilai perusahaan.
Kata kunci: Corporate Social Responsibility, Profitabilitas, Leverage, Likuiditas, Nilai Perusahaan


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.