THE EFFECT OF TAX KNOWLEDGE, PERCEPTION, INTEREST, MOTIVATION AND INTEREST OF STUDENTS ON CAREER IN TAX WITH TAX BREVET TRAINING AS INTERVENING VARIABLES (Study Case of Students of the Faculty of Economics, Pandanaran University, Semarang)

Sri Wahyuningsih, Arditya Dian Andika, Maria Magdalena Minarsih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan pajak, persepsi, motivasi dan minat mahasiswa secara parsial terhadap pelatihan brevet pajak dan berkarir di bidang pajak serta untuk mengetahui apakah pelatihan brevet pajak memediasi pengetahuan pajak, persepsi, motivasi dan minat mahasiswa secara parsial terhadap berkarir di bidang pajak. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa fakultas ekonomi jurusan akuntansi dan manajemen di Universitas Pandanaran Semarang yang masih aktif yang sebanyak 145 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel metode purposive sampling dengan kreteria yang sudah mengambil mata kuliah perpajakan dan masih aktif. Kuesioner yang telah tersebar sebanyak 62 responden dan yang kembali hanya 60 responden dengan jurusan akuntansi sebanyak 26 dan manajemen 34 dengan ketentuan mahasiswa masih aktif dan mengambil perpajakan. Teknik analisis data yang digunakan adalah Regresi Linier Berganda 2 Tahap dan Path Analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pengetahuan pajak berpengaruh positif secara parsial terhadap pelatihan brevet pajak; (2) persepsi berpengaruh positif secara parsial terhadap pelatihan brevet pajak; (3) motivasi berpengaruh terhadap positif secara parsial pelatihan brevet pajak; (4) minat mahasiswa berpengaruh positif secara parsial terhadap pelatihan brevet pajak; (5) pengetahuan pajak, persepsi, motivasi serta minat berpengaruh secara simultan terhadap pelatihan brevet pajak; Regresi model 2 menunjukkan bahwa (6) pengetahuan pajak berpengaruh positif secara parsial terhadap berkarir di bidang pajak; (7) persepsi berpengaruh positif secara parsial terhadap berkarir di bidang pajak; (8) motivasi berpengaruh positif secara parsial terhadap berkarir di bidang pajak; (9) minat mahasiswa berpengaruh positif secara parsial terhadap berkarir di bidang pajak; (10) pelatihan brevet pajak berpengaruh positif secara parsial terhadap berkarir dibidang pajak; (11) pengetahuan pajak, persepsi, motivasi, minat dan pelatihan brevet pajak berpengaruh secara simultan terhadap berkarir di bidang pajak. Hasil path analysis menunjukkan bahwa Pelatihan Brevet Pajak tidak memediasi pengaruh Pengetahuan Pajak, Persepsi, Motivasi, dan Minat Mahasiswa terhadap Berkarir di Bidang Pajak. Kata Kunci : pengetahuan pajak, motivasi, persepsi, minat mahasiswa, pelatihan brevet pajak, berkarir di bidang pajak.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.