PENGARUH PERTUMBUHAN PENJUALAN, PERPUTARAN KAS, PERPUTARAN PIUTANG, PERPUTARAN PERSEDIAAN DAN PERPUTARAN MODAL KERJA TERHADAP LABA USAHA (studi kasus pada perusahaan food and beverage yang listingdi BEI tahun 2009 – 2013)

Subowo .

Abstract


Seluruh perusahaan dalam kegiatan usahanya adalah berorientasi pada laba/pendapatan, dan setiap operasi perusahaan pasti ada unsur sebab akibat apa dan bagaimana penyebab naik tetunnya pertumbuhan perusahaan, dan hal itu bisa dilihat dari perkembangan laba usaha. Penelitian ini bertujuan menguji kebenaran antara pertumbuhan penjualan, perputaran piutang, perputaran kas, perputaran persediaan, perputaran modal kerja terhadap kinerja keuangan perusahaan. Data dalam penelitian ini berupa data data laporan keuangan yang ada pada parusahaan yang listing di Bursa Efek Indonesia(BEI).

Hasil pengujian hipotesis dengan metode analisis regresi linear berganda secara simultan kelima variabel independen berpengaruh signifikan terhadap laba usaha/nett profit margin. Sedangkan berdasarkan hasil uji t perputaran kas dan perputaran modal kerja memiliki arah negative terhadap NPM, sedangkan pertumbuhan penjualan, perputaran piutang dan perputaran persediaan  memiliki arah yang positif terhadap NPM.

 

Kata kunci : pertumbuhan penjualan, perputaran kas, perputaran piutang, perputaran persediaan, perputaran modal kerja dan NPM


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.