PENGARUH PERTUMBUHAN PENJUALAN, STRUKTUR AKTIVA, TINGKAT PERTUMBUHAN, PROFITABILITAS DAN LEVERAGE TERHADAP STRUKTUR MODAL PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2010-2013

Intan Anggrahita Putri Nopando

Abstract


Motivasi dilakukannya penelitian ini yaitu adanya fenomena gap researchyaitu hasil temuan penelitian yang berbeda-beda, dimana hasil penelitian antara penelitian yang satu dengan yang lain terdapat perbedaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pertumbuhan penjualan, struktur aktiva, tingkat pertumbuhan, profitabilitas dan leverageterhadap struktur modal.

Sampel penelitian sebanyak 47 perusahaan manufaktur di BEI dengan menggunakan time series data yaitu data tahun 2010 – 2013 digabung secara time series data (runtut waktu) sehingga sampel penelitian (n) = 47 x 4 = 188 data observasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) secara parsial tidak ada pengaruh yang signifikan antara pertumbuhan penjualan terhadap struktur modal, (2) secara parsial terdapat pengaruh yang signifikan dan negatif antara struktur aktiva terhadap struktur modal, (3) secara parsial terdapat pengaruh yang positif antara pertumbuhan asset terhadap struktur modal, (4) secara parsial tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara profitabilitas terhadap struktur modal, (5) secara parsial terdapat pengaruh yang signifikan dan positif antara leverage terhadap struktur modal, (6) terdapat pengaruh yang signifikan antara pertumbuhan penjualan, struktur aktiva, tingkat pertumbuhan, profitabilitas dan leverageterhadap struktur modal secara simultan.

Saran dari penelitian ini yaitu tingkat pertumbuhan asset dan leveragehendaknya diperhatikan oleh investor dalam pengambilan keputusan mengenai struktur modalnya agar tercapai struktur modal yang optimal. Hal ini dibuktikan dengan melihat hasil penelitian yang membuktikan bahwa tingkat pertumbuhan asset dan leverageberpengaruh terhadap struktur modal.Investor hendaknya memperhatikan perusahaan yang besar dalam berinvestasi karena cenderung memiliki struktur modal yang tinggi.

 

Kata kunci : pertumbuhan penjualan, struktur aktiva, tingkat pertumbuhan, profitabilitas, leveragedan struktur modal.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.