PENGARUH PERGANTIAN MANAJEMEN, KEPEMILIKAN PUBLIK, FINANCIAL DISTRESS, UKURAN KAP, UKURAN PERUSAHAAN DAN OPINI AUDIT TERHADAP AUDITOR SWITCHING PADA PERUSAHAAN INDUSTRI JASA DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2009-2013

Lilik Suryanti

Abstract


Auditor switching merupakan pergantian auditor yang dilakukan oleh perusahaan klien. Pergantian auditor ini dilatarbelakangi oleh runtuhnya KAP Arthur Andersen di Amerika Serikat pada tahun 2001 yang terlibat dalam kecurangan yang dilakukan oleh kliennya Enron sehingga gagal mempertahankan independensinya.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pergantian manajemen, kepemilikan publik, financial distress, ukuran KAP, ukuran perusahaan dan opini audit terhadap auditor switching pada perusahaan industri jasa yang listing di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang terdiri dari perusahaan industri jasa yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2009-2013. Alat analisis yang digunakan adalah regresi logistik (logistic regression) dengan menggunakan data times series selama periode 2009-2013 dan sata cross section 22 perusahaan industri jasa di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut : (1) pergantian manajemen berpengaruh signifikan terhadap auditor switching, (2) kepemilikan publik tidak berpengaruh signifikan terhadap auditor switching, (3) financial distress tidak berpengaruh signifikan terhadap auditor switching, (4) ukuran KAP berpengaruh signifikan terhadap auditor switching, (5) ukuran perusahaan tidak berpengaruh signifikan terhadap auditor switching, (6) opini audit tidak berpengaruh signifikan terhadap auditor switching.

Kata kunci :   auditor switching, pergantian auditor, pergantian manajemen, kepemilikan publik, financial distress, ukuran KAP, ukuran perusahaan, opini audit


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.