PENGARUH PENGENDALIAN INTERN DAN PENILAIAN KREDIT TERHADAP NON PERFORMING LOAN (NPL) PADA KOPERASI SIMPAN PINJAM DI KABUPATEK KUDUS

Mohammad Abdurrohman

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh struktur pengendalian intern dan penilaian kredit terhadap non performing loan pada koperasi simpan pinjam di Kabupaten Kudus. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer berupa jawaban responden dari pengumpulan data kuesioner. Sampel yang digunakan ada 36 koperasi simpan pinjam dari 58 koperasi simpan pinjam yang terdaftar di Dinas Perindustrian, Koperasi dan UMKM. Ke-36 koperasi simpan pinjam yang terlibat menunjukkan tingkat respon 87,8 %.

Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis persamaan regresi berganda, sedangkan uji hipotesisnya menggunakan uji t dan uji f, dimana hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan negatif signifikan antara lingkungan pengendalian, penilaian risiko, aktivitas pengendalian, informasi dan komunikasi, dalam struktur pengendalian intern, juga variabel penilaian kredit terhadap non performing loan pada koperasi simpan pinjam di Kabupaten Kudus. Sedangkan variabel pemantauan mempunyai pengaruh negatif tidak signifikan terhadap non performing loan pada koperasi simpan pinjam di Kabupaten Kudus.

Sedangkan uji f menunjukkan bawa secara bersama-sama (stimultan) lingkungan pengendalian, penilaian risiko, aktivitas pengendalian, informasi dan komunikasi, pemantauan dan penilaian kredit berpengaruh signifikan terhadap non performing loan pada koperasi simpan pinjam di Kabupaten Kudus.

 

Kata kunci     : pengendalian intern, penilaian kredit, non performing loan.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.