PENGARUH PERPUTARAN PERSEDIAAN, PERPUTARAN PIUTANG DAN PERPUTARAN KAS TERHADAP PROFITABILITAS PADA PERUSAHAAN SEKTOR INDUSTRI BARANG KONSUMSI YANG TERDAFTAR DI BEI PERIODE 2008-2013

Mohamad Tejo Suminar

Abstract


Profitabilitas perusahaan banyak dipengaruhi oleh faktor-faktor keuangan yang menentukan. Faktor-faktor keuangan dapat diukur menggunakan rasio-rasio keuangan antara lain Return On Assets (ROA) dan Return On Equity (ROE).  Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh struktur modal yang dipilih yaitu perputaran persediaan, perputaran piutang dan perputaran kas terhadap profitabilitas yang diukur menggunakan rasio ROA dan ROE.

Penelitian ini mempunyai landasan teori yang jelas yaitu theory agency, dimana teori ini mengemukakan mengenai masalah keagenan antara pemilik perusahaan/ pemegang saham dengan manajemen, dimana manajemen membutuhkan rasio-rasio keuangan untuk menentukan kebijakan yang menguntungkan pemilik perusahaan/ pemegang saham.

Sampel penelitian yang diambil adalah 20 perusahaan sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2008-2013. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dan diuji menggunakan metode analisis regresi berganda.

Berdasarkan hasil uji t, perputaran persediaan mempunyai pengaruh positif terhadap profitabilitas (ROA maupun ROE), perputaran piutang berpengaruh positif terhadap profitabilitas (ROA maupun ROE), sedangkan perputaran kas berpengaruh negatif terhadap (ROA maupun ROE). Hasil uji F atau uji simultan menunjukkan bahwa secara bersama-sama perputaran persediaan, perputaran piutang dan perputaran kas berpengaruh positif terhadap profitabilitas (ROA maupun ROE). Dari hasil uji koefisien determinasi menunjukkan bahwa hubungan antar variabel bebas dan terikat masih lemah.

 

Kata kunci : perputaran persediaan, perputaran piutang, perputaran kas, profitabilitas.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.