PENGARUH ARUS KAS, UKURAN PERUSAHAAN, LABA AKUNTANSI DAN NILAI BUKU TERHADAP HARGA SAHAM DI BEI ( studi empiris pada perusahaan makanan dan minuman yang listing di BEI tahun 2009-2013)

Nurul Karimah

Abstract


Dalam dunia bisnis, semua perusahaan melakukan kegiatan usahanya dengan tujuan yang sama yaitu untuk menghasilkan keuntungan yang terus meningkat sebagai perputaran kegiatan ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk menguji kebenaran hubungan antara arus kas, ukuran perusahaa, laba akuntansi, dan nilai buku terhadap harga saham.

Apakah secara simultan maupun persial keempat variable tersebut berpengaruh terhadap kinerja keuangan perusahaan yang dapat mempengaruhi tingkat harga saham perusahaan tersebut. Data dalam penelitian ini diperoleh dari informasi keuangan perusahaan food and baverage yang listing di Bursa Efek Indonesia, selama periode 2009-2013.

Hasil pengujian hipotesis menggunakan program SPSS 17. Dari hasil metode analisis regresi linear berganda menunjukan bahwa secara simultan keempat variabel independen berpengaruh signifikan terhadap harga saham. Sedangkan dari uji persial variabel arus kas, laba akuntansi, dan nilai buku berpengaruh terhadap harga saham, tetapi untuk variabel ukuran perusahaan memiliki nilai negatif terhadap harga saham.

Dari Hasil uji adjusted R2  di diperoleh hasil sebesar 0,738 . Hal ini berarti pengaruh variabel independen arus kas, ukuran perusahaan, laba akuntansi, dan nilai buku terhadap harga saham adalah 73,8% sedangkan sisanya 26,2% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dijelaskan dalam model regresi ini.

 

Kata kunci : arus kas, ukuran perusahaan, laba akuntansi, nilai buku, harga saham


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.