PENGARUH PENDAPATAN ASLI DAERAH TERHADAP BELANJA DAERAH DI KABUPATEN KUDUS TAHUN 2004 – 2013

Ahmad Syafrudin

Abstract


PendapatanAsli Daerah (PAD) adalah pendapatan yang diperoleh daerah yang dipungut berdasarkan peraturan daerah sesuai dengan perundang-undangan. Komponen PAD terdiri dari pajak daerah, retribusi daerah, bagian laba BUMD, dan lain-lain PAD yang sah.  Penerimaan PAD mempengaruhi juga terhadap belanja daerah.

Agency Theory atau teori keagenan adalah pendesainan kontrak yang tepat untuk   menyelaraskan  ,kepentingan principal dan agen dalam hal terjadi konflik kepentingan. Aplikasiagency theory dapat terwujud dalam kontrak kerja yang akan mengatur proporsi hak dan kewajiban masing-masing pihak dengan tetap memperhitungkan kemanfaatan secara keseluruhan.

Variabel penelitian yang digunakan dalam penelitian merupakan petunjuk untuk mencari data maupun segala informasi di lapangan, baik dengan menggunakan data sekunder, observasi, maupun pengumpulan data primer dengan menggunakan metode survey.

Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dengan menggunakan tingkat signifikansi 5% dan dengan menggunakan metode asumsiklasik.  Hasil daripenelitian menunjukkan bahwa pajak daerah berpengaruh negatif terhadap belanja daerah sebesar 0,998 dengan tingkatsignifikansi sebesar0,325.   Retribusi daerah berpengaruh positif terhadap belanja daerah sebesar 2,430 dengan tingkat signifikansi 0,020.   Bagian laba BUMD berpengaruh positif terhadap belanja daerah  sebesar 4,695 dengan tingkat signifikansi 0,000. Lain-lain PAD yang sah berpengaruh positif terhadap belanja daerah sebesar 4,830 dengan tingkat signifikansi 0,000.

 

Kata kunci :Pajakdaerah, retribusi daerah, bagian laba BUMD, lain-lain PAD

yang sah dan belanja daerah.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.