PENGARUH KEPEMILIKAN MANAJERIAL, KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL, KEBIJAKAN DIVIDEN DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP KEBIJAKAN HUTANG (Studi Pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2010 - 2012)

Novi Anggraini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, kebijakan dividen dan ukuran perusahaan terhadap kebijakan hutang pada perusahaan manufaktur yang listing di Bursa Efek Indonesia tahun 2010 – 2012.

Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh dari BEI yang berada di Kota Semarang selama 3 tahun berturut – turut yaitu laporan keuangan periode tahun 2010 – 2012, ICMD tahun 2010 – 2012 dan annual report tahun 2010 – 2012.

Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling yaitu metode penentuan jumlah sampel yang diambil secara acak berdasarkan kriteria – kriteria tertentu. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 151 perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI dengan sampel penelitian sebanyak 46 perusahaan. Metode analisis yang digunakan yaitu analisis regresi berganda.

Hasil penelitian ini menujukkan bahwa kepemilikan manajerial tidak berpengaruh positif terhadap kebijakan hutang, kepemilikan institusional tidak berpengaruh negatif terhadap kebijakan hutang, sedangkan kebijakan dividen dan ukuran perusahaan berpengaruh positif terhadap kebijakan hutang.

 

 

Kata kunci :  Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional, Kebijakan Dividen, Ukuran Perusahaan dan Kebijakan Hutang.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.