PENGARUH ARUS KAS BEBAS,PERUBAHAN TARIF PPh BADAN,KECAKAPAN MANAJERIAL PERUSAHAAN,KONSENTRASI KEPEMILIKAN PERUSAHAAN DAN AKTIVITAS KOMITE AUDIT TERHADAP MANAJEMENLABA

Weni Vera Oktaviana

Abstract


Penelitian yang dilakukan oleh penulis ini bertujuan untuk menguji seberapa besar pengaruh dari arus kas bebas, perubahan tarif PPh badan, kecakapan manajerial perusahaan, konsentrasi kepemilikan perusahaan, dan komite audit terhadap manajemen laba pada perusahaan Real Estate & Property yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Manajemen laba dalam penelitian yang dilakukan penulis diukur dengan menggunakan Model Jones.

Sebanyak 37 sampel perusahaan Real Estate & Propery yang terdaftar  di BEI untuk periode tahun 2010 – 2012 digunakan oleh penulis untuk penelitian ini. Model analisis regresi berganda merupakan model analisis yang digunaka oleh penulis untuk menguji hipotesis pengaruh dari arus kas bebas, perubahan tarif PPh badan, kecakapan manajerial perusahaan, konsentrasi kepemilikan perusahaan, dan komite audit terhadap manajemen laba.

Berdasarkan hasil analisis penelitian, disimpulkan bahwa arus kas bebas, konsentrasi kepemilikan perusahaan, dan komite audit terbukti berpengaruh terhadap manajemen laba. Sementara perubahan tarif PPh badan dan kecakapan manajerial perusahaan tidak berpengaruh terhadap manajemen laba.

Kata kunci : arus kas bebas, perubahan tarif PPh badan, kecakapan manajerial perusahaan, konsentrasi kepemilikan perusahaan, dan komite audit.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.