ANALISIS LIKUIDITAS, LEVERAGE, PROFITABILITAS, AKTIVITAS, UKURAN PERUSAHAAN DAN PENILAIAN PASAR TERHADAP RETURN SAHAM (PADA PERUSAHAAN REAL ESTATE DAN PROPERTY DI BEI) PERIODE TAHUN 2009-2014

Kurnia Lestari, Rita Andini, Abrar Oemar

Abstract


Perdagangan surat berharga merupakan cara untuk menarik dana masyarakat dalam hal ini investor untuk mengembangkan perekonomian dimana dana tersebut adalah modal yang dibutuhkan perusahaan untuk memperluas usahanya. Dengan dijualnya saham pasar modal berarti masyarakat diberi kesempatan untuk memiliki dan mendapatkan keuntungan. Dengan kata lain pasar modal dapat membantu pendapatan masyakarat. Motif dari perusahaan yang menjual sahamnya untuk memperoleh dana yang akan digunakan dalam pengembangan usahanya dan bagi pemodal adalah untuk mendapatkan penghasilan dari modalnya. Populasi dalam digunakan dalam peneltian ini adalah perusahaan Real Estate dan Property yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2009-2014. Sampel yang dipilih samperl dalam penelitian ini adalah 46 perusahaan Real Estate dan Property.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Variabel likuiditas tidak berpengaruh terhadap return saham pada Perusahaan Real Estate dan Properti di Bursa Efek Indonesia. Variabel Leverage tidak berpengaruh terhadap return saham pada Perusahaan Real Estate dan Properti di Bursa Efek Indonesia. Variabel ROA tidak berpengaruh terhadap return saham pada Perusahaan Real Estate dan Properti di Bursa Efek Indonesia. Variabel TATO tidak berpengaruh terhadap return saham pada Perusahaan Real Estate dan Properti di Bursa Efek Indonesia. Variabel size berpengaruh terhadap return saham pada Perusahaan Real Estate dan Properti di Bursa Efek Indonesia. Variabel PBV tidak berpengaruh terhadap return saham pada Perusahaan Real Estate dan Properti di Bursa Efek Indonesia.
Kata kunci : likuiditas, leverage, profitabilitas, aktivitas, ukuran perusahaan dan penilaian pasar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.