ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MOTIVASI WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI YANG MELAKUKAN PEKERJAAN BEBAS DALAM MEMENUHI KEWAJIBAN PERPAJAKANNYA ( Studi pada KPP Pratama Kota Semarang )

Aprilia Titi Sari, Rina Arifati, Abrar Oemar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kesadaran membayar pajak, pengetahuan dan pemahaman tentang peraturan pajak, persepsi yang baik atas efektifitas sistem perpajakan, tingkat kepercayaan terhadap sistem pemerintahan dan hukum, kualitas pelayanan kantor pajak, sanksi administratif tunggakan pajak serta penyitaan dan lelang tunggakan pajak terhadap motivasi wajib pajak orang pribadi yang melakukan pekerjaan bebas dalam memenuhi kewajiban perpajakannya di Kota Semarang. Responden dari penelitian ini adalah Wajib Pajak Orang Pribadi yang melakukan pekerjaan bebas. Metode penelitian sampel menggunakan metode convinience sampling, sampel yang digunakan dalam penelitian ini sejumlah 80 dari total kuesioner yang disebar berjumlah 100. Penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda untuk pengujian hipotesis. Hasil penelitian ini adalah pengetahuan dan pemahaman tentang peraturan pajak, persepsi yang baik atas efektifitas sistem perpajakan, kualitas pelayanan kantor pajak, dan sanksi administratif tunggakan pajak berpengaruh signifikan terhadap motivasi wajib pajak orang pribadi yang melakukan pekerjaan bebas dalam memenuhi kewajiban perpajakannya.
Kata Kunci : Faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi wajib pajak orang pribadi yang melakukan pekerjaan bebas dalam memenuhi kewajiban perpajakannya.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.