PENGARUH LEVERAGE, UKURAN PERUSAHAAN, PERTUMBUHAN PERUSAHAAN, RASIO LIKUIDITAS DAN RASIO AKTIVITAS TERHADAP PROFITABILITAS (Studi Pada Sektor Keuangan dan Perbankan di BEI Tahun 2010-2014)

Nur Aini Widiastuti, Rina Arifati, Abrar Oemar

Abstract


Motivasi dilakukannya penelitian ini yaitu adanya fenomena gap research yaitu hasil temuan penelitian yang berbeda-beda, dimana hasil penelitian antara penelitian yang satu dengan yang lain terdapat perbedaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara empiris pengaruh leverage, ukuran perusahaan, pertumbuhan perusahaan, rasio likuiditas dan rasio aktivitas terhadap profitabilitas.
Sampel penelitian sebanyak 35 perusahaan sektor keuangan dan perbankan di BEI, dimana metode yang digunakan adalah purposive sampling diperoleh sebanyak sebanyak 175 data. Metode analisis data menggunakan regresi linier berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada pengaruh yang signifikan dan negatif antara leverage terhadap profitabilitas, (2) tidak ada pengaruh yang signifikan antara ukuran perusahaan terhadap profitabilitas, (3) tidak ada pengaruh yang signifikan antara pertumbuhan Perusahaan terhadap profitabilitas, (4) tidak ada pengaruh yang signifikan antara Rasio Likuiditas terhadap profitabilitas, (5) ada pengaruh yang signifikan dan positif antara Rasio Aktivitas terhadap profitabilitas.
Kata kunci : leverage, ukuran perusahaan, pertumbuhan perusahaan, rasio likuiditas, rasio aktivitas dan profitabilitas.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.