FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KINERJA PEMAKAI SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PADA PT. KUBOTA INDONESIA WILAYAH SEMARANG

Aan Fatandi Ramadhan, Rita Andini, Abrar Oemar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan teknik personal terhadap kinerja pemakai sistem informasi akuntansi dan mengetahui pengaruh dukungan manajemen puncak terhadap kinerja pemakai sistem informasi akuntansi di PT. Kubota Indonesia.
Populasi dalam penelitian ini diambil dari struktur organisasi yang terdapat di perusahaan, yaitu seluruh karyawan/staff yang menggunakan sistem informasi akuntansi, sekitar 75 orang. Unit analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah tingkat individu, karena yang diamati adalah persepsi pemakai sistem. Pola penelitian dilakukan dengan dua tahap. Tahap pertama dilakukan melalui studi pustaka, yaitu melalui jurnal akuntansi dan buku-buku yang berkaitan dengan masalah yang diteliti. Tahap kedua, pengumpulan data primer dan sekunder diperoleh dari PT. kubota Indonesia.
Faktor-faktor yang memengaruhi kinerja pemakai sistem informasi akuntansi yaitu kemampuan teknik personal dan dukungan manajemen puncak. Hasil Penelitian ini berfokus pada perusahaan PT Kubota Indonesia yang menggunakan sistem informasi akuntansi. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa Kemampuan teknik personal memiliki pengaruh positif terhadap kinerja pemakai sistem informasi akuntansidan dukungan manajemen puncak tidak memiliki pengaruh positif terhadap kinerja pemakai sistem informasi akuntansi.
Kata Kunci : Sistem informasi akuntansi, kemampuan teknik personal, dukungan manajemen puncak, kinerja pemakai sistem,

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.