PENGARUH RETURN ON INVESTMENT (ROI), DEBT TO EQUITY RATIO (DER) DAN CURRENT RATIO (CR) TERHADAP HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN WHOLE SALE DAN RETAIL TRADE YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2010-2013

ANA ARIANA, Rita Andini, Kharis Raharjo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji ketersediaan dan efektivitas pengaruh Return On Investment (ROI), Debt to Equity Ratio (DER) dan Current Ratio (CR) terhadap Harga Saham. Populasi dan sampel penelitian ini adalah perusahaan wholesale dan retail trade yang terdaftar di bursa efek Indonesia tahun 2010-2013. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini yaitu 21 perusahaan. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa Summary of Financial Statement yang terdapat pada Indonesian Capital Market Directory. Analisis data menggunakan regresi liniear berganda menggunakan Statistical Packages for Social Science (SPSS) versi 21. Metode statistik yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi linear berganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Return On Investment (ROI) dan Current Ratio (CR) tidak berpengaruh terhadap harga saham sedangkan Debt to Equity Ratio (DER) berpengaruh terhadap harga saham. Pengujian simultan menunjukkan pengaruh yang signifikan antara variabel independen dan dependen.
Kata Kunci : Return On Investment (ROI), Debt to Equity Ratio (DER) dan Current Ratio (CR) dan Harga Saham.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.