PENGARUH INVESTMENT OPPORTUNITY SET, LIKUIDITAS DAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP KUALITAS LABA PADA PERUSAHAAN (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di BEI Periode 2010-2013).

LESTARI SETIANINGSIH, Rina Arifati, Abrar Oemar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memberikan bukti empiris tentang faktor yang mempengaruhi kualitas laba. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh Investment Oppurtunity Set, Likuiditas, dan mekanisme Good Corporate Governance secara bersama-sama terhadap kualitas laba perusahaan manufaktur.
Data yang digunakan adalah data sekunder dengan menggunakan sampel sebanyak 25 perusahaan yang listing di BEI periode 2010 - 2013. Untuk memenuhi sasaran penelitian hipotesis diuji dengan analisis regresi berganda.
Hasil dari penelian ini menunjukan bahwa Investment Opportunityt (IOS), Likuiditas, Komite Audit, Kepemilikan Institusional berpengaruh signifikan terhadap kuaitas laba perusahaan. Tetapi untuk hasil penelitian dewan komiaris independen dan kepemilikan manajerial tidak berpengaruh signifikan terhadap kualitas laba.
Kata Kunci : Investment Opportunity Set, Likuiditas, Good Corporate Governance,
Kualitas Laba

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.