PENGARUH NILAI GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN NILAI LABA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Tahun 2013-2017)

Endang Isnawati, Patricia Dhiana Paramita, Marsiska Ariesta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh good corporate governance terhadap nilai perusahaan dengan nilai laba sebagai variabel intervening pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2013-2017. Populasi dalam penelitian ini diambil dari perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2013-2017 sebanyak 58 perusahaan dengan pemilihan sampel menggunakan metode purposive sampling. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda, dimana sebelumnya dilakukan uji asumsi klasik terlebih dahulu.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa perputaran kemepemilikan manajerial berpengaruh negatif terhadap nilai perusahaan. Kepemilikan institusional berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. Komite audit berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. Komite Audit berpengaruh negatif terhadap nilai laba. Kepemilikan Institusional berpengaruh positif terhadap kualitsa laba. Komite audit berpengaruh negatif dan signifikan terhadap nilai laba. Nilai laba berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. Komite Audit tidak berpengaruh signifikan terhadap Nilai Laba.
Kata Kunci : good corporate governance, nilai perusahaan, Nilai Laba, kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, komite audit


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.