ANALISIS RASIO PROFITABILITAS, LEVERAGE, DAN LIKUIDITAS TERHADAP RETURN SAHAM DENGAN NILAI TUKAR SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi empiris pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di LQ 45 periode 2013 – 2016)

Isnaini Nurunnisak, Patricia Dhiana Paramita, Marsiska Ariesta Putri

Abstract


Perumusan masalah penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan variable ROA,DER, dan CR terhadap return saham serta peran nilai tukar sebagai variable moderating.Tujuan dari penelitian ini untuk memberikan bukti empiris bagaimana Current ratio, Debt to Equity Ratio, dan ROA pada return saham, dan nilai tukar sebagai variable moderating.
Penelitian dilakukan selama periode 2013 – 2016 di bursa efek Indonesia pada perusahaan manufaktur yang masuk dalam LQ 45 sebanyak 44 sampel dengan metode purposive sampling pada kebutuhan penelitian. Data yang diperoleh dari laporan keungan yang diterbitkan Indonesia Capital Directory (ICMD) dan IDX dan dikumpulkan dengan metode dokumentasi. Analisis regresi berganda dan regresi berganda dengan interaksi digunakan untuk analisis uji.
Hasilnya menunjukkan secara simultan ROA berpengaruh signifikan terhadap return saham, sedangkan DER, dan CR tidak berpengaruh pada return saham. Dan nilai tukar mampu memoderasi hubungan antara variable independent terhadap variable dependent.
Kata kunci : Return saham, Profitabilitas, Leverage, Likuiditas, dan nilai tukar


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.