KAWASAN WISATA TELAGA MENJER DI WONOSOBO DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR VERNAKULAR (TELAGA MENJER TOURISM AREA IN WONOSOBO WITH VERNACULAR ARCHITECTURE APPROACHES)

Isfaudin Isfaudin, Mutiawati Mandaka, ADI sasmito

Abstract


Abstrak

Indonesia memiliki banyak lokasi yang indah dan unik yang dapat diolah menjadi destinasi wisata. Salah satunya adalah Telaga Menjer yang terletak di daerah Wonosobo. Trend wisata alam saat ini banyak diminati oleh wisatawan local maupun mancanegara. Oleh karenanya Telaga Menjer ini sangat potensial untuk dijadikan salah satu destinasi wisata. Tujuan perancangan Kawasan Wisata Telaga Menjer di Wonosobo ini adalah untuk mengangkat potensi local yang ada di wilayah Telaga Menjer Wonosobo untuk dijadikan pendapatan daerah. Adapun pendekatan arsitektur yang digunakan adalah arsitektur vernacular yang mengangkat arsitektur local Indonesia untuk dapat tetap dilestarikan. Fasilitas yang ada diberikan di Kawasan wisata ini antara lain outbond, kemping, wisata air, dan lain-lain.

Kata kunci : wisata, arsitektur vernakular.

Abstract

Indonesia has many beautiful and unique locations that can be processed into tourist destinations. One of them is the Menjer Lake which is located in the Wonosobo area. The current natural tourism trend is in high demand by local and foreign tourists. Therefore Menjer Lake is very potential to become one of the tourist destinations. The purpose of designing the Menjer Lake Tourism Area in Wonosobo is to raise the local potential in the Menjer Wonosobo Lake area to be used as regional income. The architectural approach used is vernacular architecture which elevates Indonesian local architecture to be preserved. Existing facilities provided in this tourist area include outbound, camping, water tourism, and others.

Keywords: tourism, vernacular architecture.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.