E - GAME CENTER DI KOTA SEMARANG DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR MODERN

Zanavi Azizah, Gatoet Wardianto, Mutiawati Mandaka

Abstract


Saat ini Indonesia telah dipengaruhi oleh adanya e-sport (olahraga elektronik), olahraga elektronik ini melakukan Tournament atau kompetisi berskala regional ataupun nasional dalam game online. Dengan adanya e-sport tersebut menjadikan peluang bagi para gamers
/ pemain game online yang ada di Indonesia khususnya Semarang untuk ikut serta ke dunia e-sport dan memainkan game online. Maka dari itu dibutuhkan wadah bagi para gamer untuk tempat berkumpul dan juga sebagai tempat mengadakan kompetisi game. Tujuan dari penulisan ini untuk landasan konseptual perencanaan dan perancangan Game Center. Metoda perancangan yang digunakan yaitu pendekatan aspek kontekstual, pendekatan aspek fungsional, dan pendekatan aspek arsitektural. Konsep perancangan game center memiliki pendekatan arsitektur modern dengan bentuk fasade dikombinasikan dengan kayu yang tidak memiliki ornamen dan polos, minimalis futuristik sehingga akan menjadi pusat pengembangan dalam bermain game, karena didalamnya tidak hanya disediakan tempat berkumpul saja, tetapi disediakan Tournament Venue untuk menonton kompetisi, Gaming Area, toko game, dan juga Cafe.
Kata kunci: Game Center, gamers, e-sport, arsitektur modern

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.