ANALISIS PERSAINGAN BISNIS RITEL MODERN SKALA KECIL DI KABUPATEN BANYUMAS JAWA TENGAH

Restu Frida Utami, Putri Dwi Cahyani

Abstract


Pertumbuhan bisnis ritel modern di Indonesia tumbuh sangat pesat dalam segala formatnya termasuk di Kabupaten Banyumas, hal ini menyebabkan persaingan bisnis menjadi semakin ketat. Persaingan yang ketat mengharuskan setiap pelaku bisnis berupaya senantiasa menerapkan strategi yang mampu mendatangkan keberhasilan bagi persusahaan. Penelitian ini mengkaji dan menganalisis tentang persaingan bisnis ritel modern skala kecil dengan tujuan; 1). Mengidentifikasi karakteristik bisnis ritel, 2). Mengidentifikasi pesaing usaha, 3). Mengidentifikasi faktor persaingan bisnis ritel modern skala kecil di Kabupaten Banyumas.
Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah ritel modern yang tergolong skala kecil yang terdapat di Kabupaten Banyumas. Penentuan sampel dilakukan secara convenience random sampling. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer melalui kuesioner, wawancara serta observasi dan data sekunder. Untuk mengimbangi persaingan bisnis dengan ritel modern skala besar yang berformat sama yaitu minimarket, ritel modern skala kecil menetapkan margin kotor dibawah minimarket skala besar, padahal terdapat beberapa perbedaan kekuatan sumber daya diantara keduannya seperti jumlah barang yang dijual, jumlah pemasok dan akses terhadap perusahaan manufaktur. Persaingan usaha ritel modern skala kecil di Banyumas terjadi pada tiga kategori yaitu persaingan antara sesama ritel modern skala kecil (sejenis), antara ritel modern skala kecil dengan ritel tradisional (toko kelontong dan pasar tradisional) dan antara ritel modern skala kecil dengan ritel modern skala besar (minimarket waralaba dan supermarket). Namun persaingan yang kentara, terjadi pada persaingan antara sesama ritel modern skala kecil. Faktor persaingan usaha ritel modern skala kecil masih berfokus pada variabel harga dan barang dagangan. Variabel lainnya seperti ketersediaan fasilitas dan tampilan toko, serta kegiatan promosi belum menjadi faktor yang diperhatikan dalam persaingan.
Kata Kunci: persaingan, ritel modern, skala kecil.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.