PENGARUH PENDIDIKAN AKUNTANSI DAN PENGALAMAN AKUNTANSI TERHADAP PENGGUNAAN INFORMASI AKUNTANSI DIMODERASI SELF EFFICACY PADA USAHA KECIL DAN MENENGAH (Studi Kasus Pada UKM di Jalan Lampersari dan Jalan Sompok Semarang)

Patricia Dhiana Paramita

Abstract


Penggunaan informasi akuntansi sangat berguna untuk mengembangkan UKM. Namun masih minimnya penggunaan informasi akuntansi yang menjadi kendala bagi UKM di Jalan Lampersari dan Jalan Sompok untuk mengembangkan usahanya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendidikan akuntansi dan pengetahuan akuntansi secara parsial terhadap penggunaan informasi akuntansi serta mengetahui apakah self efficacy memoderasi pengaruh pendidikan akuntansi dan pengetahuan akuntansi terhadap penggunaan informasi akuntansi.
Populasi yang diambil dalam penelitian ini adalah UMK yang ada di sepanjang Jalan Lampersari dan Jalan Sompok yang berjumlah 80 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik sensus dimana semua populasi yang ada digunakan sebagai sampel. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda,dengan MRA, goodness of fit berupa uji t dan koefisien determinasi.
Berdasarkan hasil perhitungan, maka dapat diketahui bahwa pendidikan akuntansi dan pengetahuan akuntansi secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap penggunaan informasi akuntansi. Self efficacy memoderasi pengaruh pendidikan akuntansi dan pengetahuan akuntansi terhadap penggunaan informasi akuntansi.
Sebaiknya para pelaku UKM meningkatkan pendidikan dan pengetahuan akuntansi, sehingga dapat meningkatkan self efficacy dan akan berdampak positif terhadap penggunaan informasi akuntansi.
Kata kunci: pendidikan akuntansi, pengetahuan akuntansi, self efficacy dan


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.